Xiaomi, Enam Keunggulan Dibanding Brand Lain

Posted on

Xiaomi merupakan brand smartphone yang datang menggebrak dan memudarkan dominasi brand lain. Berpusat di China, Mi – panggilan akrab Xiaomi – tidak terpengaruh oleh image produk China yang berkualitas di bawah rata-rata. Mi malah berhasil memikat jutaan pengguna gadget di Indonesia.

Mi yang jarang memiliki outlet, mengklaim berhasil memangkas biaya distribusi sehingga produk mereka memiliki harga menarik di pasar. Hal tersebut menjadi kepercayaan umum. Namun tidak demikian pada hasil pantauan Nusapedia.net. Setidaknya ada enam alasan kuat yang berhasil diungkap Nusapedia.net. Enam faktor tersebut menjelaskan sebab Mi diterima di Indonesia.

Enam Keunggulan Xiaomi Dibandingkan Brand Lain Adalah:

1. Performa Maksimal

Mi selalu merilis HP dengan performa maksimal di kelasnya. Performa apik dari produk Xiaomi didukung oleh chipset terbaru. Chipset yang biasa digunakan Mi adalah Mediatek dan Qualcomm. Misalnya pada produk Redmi 6A 2/16, dipasarkan dengan kisaran harga Rp. 1.200.000 sudah mengusung Mediatek Helio A22. Redmi 6A memiliki performa skor 62.000 (Antutu Benchmark). Pesaing terdekatnya adalah Asus Zenfone Live L1 2/16. Zenfone Live mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 425 dengan performa skor 41.000 (Antutu Benchmark). Sementara di kelas yang sama terdapat Samsung J2 Prime. J2 Prime memiliki performa skor 38.000 (Antutu Benchmark). Performa tangguh produk Mi membuatnya mampu mendepak brand lain.

2. Tema MIUI Berlimpah

Tema membuat tampilan android semakin kece dan anti mainstream. Mi ternyata sudah menyediakan ratusan tema yang dapat diakses pengguna. Pengguna Mi dapat mengunduh dan menyimpan teman secara leluasa melalui aplikasi tema.

3. Mi Apps

Mi Apps adalah replika dari Google Playstore. Didalamnya terdapat aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh smartphone. Fungsi utama dari Mi Apps adalah pembaruan aplikasi bawaan dan pembaruan sistem UI. Mi Apps akan memberikan notifikasi pada pengguna apabila terdapat pembaruan aplikasi/sistem tanpa menunggu pengguna mencari.

4. Mi Drop Apps

Mi Drop adalah aplikasi bawaan HP Xiaomi. Fungsinya mengirim atau menerima file tanpa internet. Aplikasi ini mirip dengan pendahulunya, ShareIt. Bedanya adalah Drop masih belum banyak terkontaminasi iklan.

5. Mi Video

Mi Video merupakan penampil video offline maupun online. Video offline yang berada pada perangkat ditampilkan pada bagian atas (pada Redmi 6A). Video online ditampilkan berdasarkan minat pengguna. Misalnya kategori minat pada makanan, game, trend, youtube, atau berita. Kategori yang ditampilkan oleh Mi Video memudahkan pengguna mencari tontonan yang sesuai.

6. Komunitas dan Forum

Mi Community dan Forum MIUI adalah aplikasi yang memungkinkan interaksi antar pengguna. Pengguna baru dijamin tidak akan kebingungan dengan perangkat Mi yang dibelinya. Jikapun interaksi dengan sesama pengguna Mi belum memberikan kepuasan, Official Xiaomi juga memberikan ruang Feedback. Sebagian besar pengguna Xiaomi Indonesia menyambut baik adanya komunitas dan forum ini.

Enam hal di atas membuat ekosistem Xiaomi semakin kuat. Secara umum Mi lebih mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pembeli produk. Hal ini mungkin berbeda pada brand lain. Demikian ulasan tentang Xiaomi, semoga bermanfaat untuk pembaca, khususnya yang sedang mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *