Tips Merawat Motor Matic Agar Lebih Awet

Posted on

Trend sepeda motor matic kini mulai mengalahkan dua varian motor lainnya yakni motor bebek dan motor sport. Hadir pada tahun 2000, penggunaan motor matic hingga saat ini meningkat secara signifikan. Mulai dari remaja hingga orang tua kini lebih memilih menggunakan motor matic lantaran penggunaannya lebih mudah.

Alasannya sepele, motor tanpa gigi menurut banyak orang dianggap gampang dan nyaman saat dikendarai . Apalagi bagi sebagian orang yang tinggal di ibukota maupun daerah-daerah padat nan macet jelas lebih menyukai varian sepeda motor tersebut.

Tips Merawat Motor Matic Agar Lebih Awet

Meski terbilang mudah, dalam hal perawatan motor matic terbilang lebih ‘ngeyel’ bila dibandingkan motor bebek maupun sport. Terlebih lagi di tahun 2019 ini motor matic sudah dijejali dengan berbagai fitur-fitur canggih seperti injeksi yang pastinya membuat anda harus lebih ekstra hati-hati dalam memeliharanya.

Namun anda tidak perlu cemas, lewat tips dibawah ini dijamin motor matic anda bisa berumur lebih panjang dan awet. Berikut tips merawat sepeda motor matic agar lebih awet.

1. Selalu Panaskan Mesin Menggunakan Kick Starter

Usahakan untuk selalu memanaskan mesin motor matic anda sebelum digunakan untuk beraktivitas. Hindari penggunaan stater tangan dan biasakan menggunakan kick stater atau starter kaki.

2. Cek Kondisi CVT Motor Anda

Perhatikan kondisi CVT dan selalu pastikan rutin untuk melakukan servis, supaya terhindar dari suara-suara tidak enak yang muncul dari CVT motor anda serta tarikan motor menjadi tidak loyo.

3. Jangan Lupakan Oli Gardan

Oli gardan merupakan pelumas dan komponen penting di dalam motor matic anda. Oli gardan sendiri memiliki interval waktu pergantian yakni 2 kali oli mesin.

4. Jangan Mengerem Sambil Membuka Gas

Kebanyakan orang sering melakukan aktivitas tersebut, terutama kondisi jalanan yang sedang macet. Efeknya tentu membuat masa pakai kopling ganda motor anda lebih cepat dari yang seharusnya.

Selain itu anda juga harus mengetahui bahwa meskipun motor anda sudah dirawat dengan sedemikian rupa, tetapi komponen dari motor tersebut juga memiliki usia yakni sekitar 5 tahun.

Naah, itulah tadi cara ataupun tips merawat sepeda motor matic agar lebih awet dan berumur panjang. Berkendara dengan motor matic memang terbilang mengasyikan,namun jangan sampai melupakan perawatannya. Luangkanlah waktu anda sejenak untuk memeriksa kondisi motor matic agar tetap terjaga performanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *