4 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Android

Posted on

Hari gini siapa sih yang nggak senang punyai smartphone baru? mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti senang bila dibelikan yang baru. Sistem operasi Android bukan merupakan hal yang baru di dunia smartphone karena telah ada sejak dulu dan para penggunanya sudah mahir menjalankan Android.

Masalah muncul dari mereka yang baru pertama kali megang Android, kalau tidak diberi petunjuk maka kesulitan mengoperasikannya. Pada artikel ini tidak dibahas secara menyeluruh bagaimana cara menggunakan Android melainkan ada beberapa poin yang harus dilakukan pengguna baru. Selengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Android

 

1. Login Dengan Akun Google Mail (Gmail)

Untuk bisa menikmati semua fitur yang diberikan Google maka harus terhubung dengan akun GMAIL, biasanya permintaan untuk login dimulai dari pertama kali menghidupkan smartphone baru. Bila Anda belum memiliki akun tersebut silahkan buat dulu di Mail Google, cara membuatnya cukup mudah dan memerlukan nomor handphone aktif untuk verifikasi.

Sistem operasi Android menyediakan toko aplikasi yang bernama Google Play Store, supaya bisa download aplikasi maka harus terhubung dengan GMAIL. Menggunakan fitur lain seperti Google Drive, YouTube, Maps, dan menyimpan Contacs juga memerlukan email Google.

2. Aktifkan Auto Update Pada Google Play Store

Poin kedua ini direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai kuota lebih atau terpasang jaringan Wifi di rumah. Secara default bila tidak melakukan pengaturan sendiri maka aplikasi tidak bisa otomatis update ketika menggunakan jaringan seluler, yang ada hanya notifikasi untuk update. Cara mengaktifkan buka Google Play Store > Settings. Tekan pada Auto-update apps kemudian pilih Over any network.

3. Atur Default Penyimpanan di Memory Internal atau SD Card

Secara default bila tidak merubah letak media penyimpanan maka semua hasil jepretan kamera akan masuk ke memory internal dan kalau dibiarkan secara terus menerus maka spacenya penuh dan smartphone jadi lemot. Untuk mengatasi permasalahan tersebut silahkan atur default penyimpanannya otomatis ke SD Card, caranya adalah sebagai berikut.

Silahkan masuk ke Pengaturan/ Settings, geser ke bawah sampai menemukan Storage. Lanjutkan dengan memilih Storage settings, atur semua media penyimpanan ke External Storage.

4. Aktifkan Password Screen

Password screen diperlukan untuk mengunci layar smartphone, bila tidak diaktifkan terkadang kalau dimasukkan ke dalam saku akan terbuka dengan sendirinya. parahnya lagi tanpa sengaja bisa menelepon orang tanpa disengaja. Untuk mengantisipasi hal tersebut aktifkan password screen pada Android Anda.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang harus dilakukan setelah membeli Android baru, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *