Bahaya Pemanis Buatan Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Bahaya Pemanis Buatan Untuk Kesehatan Tubuh – Di era saat ini banyak orang tidak memahami bahwa makanan serta minuman yang dikonsumi tidak lepas dari bahan pemanis buatan. Hampir mirip dengan gula pasir, pemanis buatan tentu tidak kalah berbahaya apabila masuk ke tubuh dengan skala jumlah berlebihan.

Pemanis buatan sendiri digunakan oleh beberapa orang ataupun produsen makanan minuman untuk menambah cita rasa agar menjadi lebih enak. Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun mulai menggandrungi produk makanan minuman tersebut.

Tak jarang masalah kesehatan pun mulai mengintai para konsumen bahan tersebut, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Anda tentu tidak menyangka apabila manisnya bahan tersebut ternyata menyimpan berbagai resiko-resiko mengerikan.

Bahaya Pemanis Buatan Untuk Kesehatan Tubuh

Lantas, seberapa bahayakah pemanis buatan atau gula buatan tersebut apabila dikonsumsi dalam jangka panjang di tubuh kita?

1. Obesitas atau Berat Badan Naik

Dampak pertama yang biasa terjadi pada orang yang mengkonsumsi bahan pemanis buatan secara berlebihan adalah naiknya berat badan hingga memicu obesitas. Asupan gula buatan dapat memperlambat dan akhirnya mematikan sistem pengendali nafsu makan.
Semakin sering dan semakin banyaknya gula buatan yang dikonsumsi maka bertambah pula lemak yang ada pada diri orang tersebut, terutama di lingkar pinggang serta perut. Hal inilah yang memicu resiko kelebihan berat badan.

2. Terganggunya Sistem Metabolik

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula buatan dapat meningkatkan resiko orang terkena gangguan sistem metabolik. Asupan yang berlebih dapat menggangu kinerja organ-organ vital di dalam tubuh mulai dari hati, ginjal, dan jantung.

3. Kecanduan Gula Hingga Diabetes

Berbeda dari pemanis asli, pemanis buatan cenderung membuat orang merasa kecanduan. Akibatnya hormon insulin yang bertugas mengubah gula menjadi energi di dalam tubuh lambat laun menjadi tidak berfungsi dan pada akhirnya memicu penyakit diabetes.

Diabetes merupakan awal dari segala penyakit kronis di dalam tubuh kita, mulai dari penyakit jantung, kanker hingga hipertensi.

4. Sulit Berpikir Fokus

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumi pemanis buatan secara berlebih dapat merusak kinerja pada otak sehingga mengakibatkan susah fokus saat berpikir. Dalam jangka lama, kondisi ini bisa membuat orang tersebut menjadi pikun atau istilah dalam kedokteran yakni Alzheimer.

Beberapa poin diatas hanyalah segelintir dari resiko jika mengkonsumsi bahan pemanis buatan atau gula buatan secara berlebihan. Jadi mulai dari sekarang atur kembali pola hidup anda tentunya dengan menjauhi penggunaan makanan serta minuman dari bahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *